Monday, March 16, 2015

NIATKAN, BAYANGKAN, DAN AMINKAN!

Sebentar lagi, adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah (SD, SMP, SMA) akan menghadapi ujian akhir semester. Para guru pun sudah siap dengan bahan ajarnya masing-masing untuk diujikan pada waktunya nanti. Lalu, bagaimana dengan kamu? Siap?

Yuk, kita belajar. Ssst, ada cara yang jitu agar teman-teman dapat belajar dengan asyik dan menyenangkan.

Beberapa waktu lalu, Kak Haniz Hidayat berbaik hati berbagi tips dan motivasi belajar yang asyik untuk teman-teman di SD Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.
Niatkan, bayangkan, dan aminkan!
Foto:dok.pribadi

Salah satu materi yang disampaikan oleh Kak Haniz adalah cara mudah untuk belajar dan memotivasi diri agar kita siap menghadapi pelajaran dan ujian. 

Misalnya, belajar berniat, belajar membayangkan, dan belajar membuat jangkar emosi.

Caranya mudah, teman-teman hanya tinggal memerintahkan otak di kepala untuk melakukan niat yang teman-teman ucapkan di dalam hati. 

Contohnya begini. “Niatku belajar hari ini seru dan mengasyikkan.” Setelah itu, teman-teman bayangkan sedang ada di sebuah tempat favorit sambil membaca buku, berlatih mengerjakan soal-soal ujian. Perasaan teman-teman saat itu nyaman dan happy.

Bayangkan teman-teman sangat menikmati proses belajar itu dan bayangkan hasil belajar teman-teman mendapatkan nilai terbaik. Imajinasikan juga orangtua teman-teman memeluk, teman-teman dan guru juga bangga kepadamu.

Lalu, ucapkan, "Amin, Amin, Amin!" untuk menguatkan niat itu (inilah yang disebut jangkar emosi). Kemudian, mulailah belajar dengan perasaan yang senang dan nyaman. 

Nah, coba rasakan bedanya setelah kamu berniat seperti itu. Dicoba, ya, tips dari Kak Haniz ini. Semoga sukses belajarnya.

No comments:

Post a Comment